Napak Tilas Jalan Pos (De Groote Postweg) Di BuitenZorg Dengan CB 100 gelatik

03May09

Copy paste dari Blog saya yang lain😀 Brader semua Tahu Jalan Pos? Ya . . . Jalan Pos (De Groote Postweg : groote = great = besar, post = pos, weg = jalan ) merupakan Jalan sejauh 1100 km membentang antara Anyer sampai Panarukan. Jalan ini juga dikenal sebagai jalan Daendles, karena yang dibangun tahun 1808 dengan tangan besi Oleh Gubernur Jendral Belanda Herman Wilem Daendles. Kali ini saya akan mencoba menyusuri sebagian kecil Jalan ini yang membelah Kota Buitenzorg atau Kota Bogor dengan CB Gelatik. he he he he . . . Nyusuri jalan Klasik dengan Motor Klasik😛

awalPerjalanan saya Awali dari Markas Komando (MAKO) brimob Ciluar-kedung Halang. Di sana saya sempat memfoto sebuah jembatan tua yang sudah roboh yang disinyalir pula merupakan ‘jalan lama’ yang bisa jadi merupakan bagian dari jalan pos yang sebenarnya koor dinat dari titik ini adalah  6°33’289”LS  | 106°49’121”BT . Setelah itu saya jalan kan kembali gelatik biru pelan pelan sembari menikmati udara sabtu pagi di daerah kedunghalang. Gelatik melaju mulus melalui sebuah jembatan Talang Air beton dan lurus sampai perempatan jambu dua, terlihat pekerjaan Bogor Outter ring road.

Jalan Kenari

kenari_postweg2Dari perempatan Jambu dua saya belok ke kanan menyusuri jalan Ahmad yani. Jalan Satu Jalur yang bermula di koordinat 6°34’212”LS  | 106°48’277”BT  ini Merupakan Jalan yang terkenal oleh keteduhannya. Ya Deretan Pohon kenari besar-besar berada di sebelah kiri dan kanan jalan ini. Pohon kenari ini dahulunya merupakan pembatas antara jalan raya Pos dan perkebunan Karet. Sayang perkebunan karet perlahan punah seiring kebijakan land reform pasca Kemerdekaan. Padahal Pabrik Ban sebagai penampung hasil perkebunan karet masih berdiri membisu disana sebagai bukti kejayaan perkebunan karet di Bogor . . . Ya ialah pabrik Ban yang sekarang di kelola oleh perusahaan ban GoodYear.

ahmadyani-1870

kenari_postweg3

Jl Ahmad yani 1870 dan 2009🙄

kenari_postweg kenari_postweg1 kenari_postweg4

Titik Triangulasi

triangulasi3Jalan Ahmad yani yang penuh pohon kenari akan berujung di sebuah pertigaan yang sekarang dikenal dengan nama pertigaan Air Mancur ( 6°34’851”LS  | 106°47’828”BT ) disana saya sempat memfoto gelatik Biru dengan latarbelakang sebuah bangunan bernuansa Art Deco yang sepertinya dibangun pada Tahun 1922, hal ini ter ukir di bagian atas bagunan. Bangunan Inilah yang menjadi saksi bisu sebuah titik triangulasi Pemetaan Lahan di Pulau jawa. Disana awalnya berdiri sebuah tugu bergambar simbol kerajaan belanda yang dihancurkan dan diganti menjadi sebuah bangunan air mancur !! Padahal bangunan tersebut merupakan  situs penting ilmu pengetahuan geodesi sebagai patokan peta lahan di Seluruh Pulau Jawa !! sungguh disayangkan . . . bangunan bersejarah ini telah dihancurkan.

tugu-pilar-air-mancur

(alm) tugu triangulasisasi  di Lokasi Air Mancur🙄

triangulasi1

Lokasi (bekas) tugu Triangulasi di tahun 2009🙄

triangulasi2

koordinat titik triangulasi🙄

air-mancur-2-1770-1772Pecaya atau tidak !! Asal-muasal berbagai peta lahan di pulau jawa yang dibuat saat masa hindia belanda adalah poros Utara-Selatan yang mengubungkan Titik triangulasi (air mancur) dan Istana Bogor !! boleh nggak percaya tapi itu data yang saya dapatkan.

Istana Bogor

istana_bgrDari Lokasi Titik Triangulasi saya perlahan memacu Gelatik biru menyusuri Jalan Jendral Sudirman Bogor yang posisinya lurus banget menuju Istana Bogor ( 6°35’623”LS  | 106°47’787”BT )  Awal bangunan ini adalah sebuah Vila yang bernama Villa BuitenZorg atau Villa Peristirahatan yang pada masa pemerintahan Daendels Villa ini diubah menjadi sebuah istana resmi Gubernur. Di Istana inilah Daendels membagi BuitenZorg (Bogor) menjadi beberapa daerah seperti Ciomas, ciawi dan sindangbarang. Kalau Brader melihat bangunan ini, brader akan dapat mengambil kesimpulan bahwa Orang Balanda Nggak Percaya sama yang namanya Posisi Tusuk Sate !! Itu posisi Istana persis Ditusuk banget sama jalan sudirman He he he he😀

istana4-1875 istana-bogor-1900 istana7-1950

Istana bogor tahun 1875, 1900, dan 1950🙄

Jalan Juanda dan Hotel Salak

istana_bgr_menjanganDari Pertigaan istana Bogor saya memacu pelan Gelatik biru menuju Jalan Juanda. Jalan ini Dahulu dikenal sebagai Jalan besar atau Groote Weg ( mungkin inilah jalan terbesar di bogor kala itu ) Di kiri terlihat beberapa penduduk dengan riangnya melihat suasana pekarangan istana yang penuh dengan Menjangan ( Kijang) . . . bahkan ada Kijang yang nekad melewati parit untuk sekedar menerima makanan yang disediakan pejalan kaki yang lewat. Lalu saya melewati sebuah bangunan Hotel bersejarah . . . Hotel salak (Hotel Binnenhoff) yang berkoordinat di  6°35’663”LS  | 106°47’702”BT . Pemerintah Belanda membangun Hotel ini sebagai rumah kediaman tamu di Istana Bogor.

SMA 1 Bogor . . . narsis sekolahan euuy :D

SMA 1 Bogor . . . narsis sekolahan euuy😀

Setelah itu melewati pertigaan Kapten Muslihat (Bantammer weg). . . hmmm melewati tempat dimana saya sempat 3 tahun belajar . ..  SMA Negeri 1 Bogor yang sudah dipugar dan nggak terlihat lagi seperti bangunan Belanda

jalan-besar

Jalan Ir H Juanda (groote weg) berlatar belakang Hotel Salak🙄

Kota Bogor Lebih banyak ditemui sebuah pertigaan dari pada sebuah perempatan. Boleh jadi bila brader mendapatkan sebuah perempatan . . . itu adalah hasil buatan masa-masa Indonesia Modern . . . Belanda sepertinya telah membuat masterplan bagi kota ini dengan ciri khas Pertigaan . . . brader mungkin nggak percaya . . . bila terjadi mati lampu pada Lampu Lalin, pertigaan bisa tetap berjalan lancar dengan sedikit kesabaran pengemudi tanpa diperlukan seorang polisi yang mengaturnya !! he he he asik kan

BTM dan Kawasan Niaga Jl Surya Kencana

btmDari jalan besar/ Jalan juanda saya lurus membawa Gelatik biru. Di ujung sana terdapat bangunan pusat perbelanjaan modern bernama Bogor Trade mall (BTM) Bangunan yangmemiliki koordinat 6°36’226”LS  | 106°47’778”BT  ini menggantikan bangunan jadul bernama Pasar Ramayana . . . saya ingat dulu sempat nonton Filem Tjut Nyak Dien di bioskop Ramayana :D  . . . Bioskop ramayana ini dahulunya adalah sebuah hotel  bernama Hotel Bellevue. Dari BTM saya kea rah kiri menuju pintu gerbang Utama kebun Raya Bogor yang masih satu kawasan dengan Istana Bogor.

Hotel Bellevue🙄

suryakencana_20093Dari Pertigaan Kebun Raya saya belok ke Kanan melalui Jalan Surya Kencana. Jalan ini memang di desain sebagai pusat perniagaan oleh pemerintah belanda. Awal nama Jalan surya kencana adalah Jalan Perniagaan (Handel Straat). Kawasan ini konon dari dulu sampai saat ini selalu ramai oleh aktivitas perniagaan. Daerah Surya kencana ini terkenal sebagai daerah pecinan karena banyak dihuni oleh saudara kita yang beretnis keturunan china. Bahkan di Ujung jalan masih berdiri sebuah Klenteng yang berdekatan dengan Hotel Pasar Baroe yang ngumpet dibalik megahnya bangunan Pasar Bogor. Hotel Pasar Baroe berarsitektur Eropa-tionghoa yang sampai saat ini masih berdiri dengan kokoh walau tak terawat.

suryakencana_20091

Jalan Surya kencana 2009🙄

kampung-cina-surken

suryakencana1-1875

surya kencana 1875🙄

Dan perjalanan sepanjang kurang Lebih 10 KM ini pun berakhir di pertigaan Eka Lokasari Tajur sebagai ujung dari jalan Surya kencana. Demikianlah perjalanan Saya yang sebenarnya sekalian Test Ride Honda CB 100 K-2 gelatik putih-bitu tahun 1974, semoga bermanfaat, maap agak panjang.
Taufik of BuitenZorg

track_post_weg

Track perjalanan via Google earth plus🙄

sumber referensi : laporan Jurnalistik Kompas, Ekspedisi Anjer-Panaroekan

foto-foto : dari berbagai forum seperti kaskus, milik pribadi



8 Responses to “Napak Tilas Jalan Pos (De Groote Postweg) Di BuitenZorg Dengan CB 100 gelatik”

  1. 1 Jin Galon

    Baru baca artikel ini mas..
    Jujur aja, dah sering lewat jalur ini tapi baru tau ceritanya dan sejarahnya… Nice post mas… Jadi pengen nyoba dan perhatiin detail2nya.. Yang ada di artikel ini..😀

  2. ^ he he he makasih mas JG
    lha pan artikel ini repost dari blog motor modern aye hi hi hi

  3. 3 Jin Galon

    Masa?? Aye blom baca mas… Wah2 ada artikel2 yang kelewat nih kayaknya… hahahaa…

  4. ^lha pan itu potonya banyak yang dikasih label blog motor aye yg lain he he he he

  5. 5 SYLPH LOSSER

    MAKASIH OM……
    ARTIKEL OM DAH ABNTU TUGAS SAYA DARI GURU SEJARAH SAYA……..
    SEMOGA OM DAPET PAHALA YANG BERLIPAT GANDA

    AMIEN…….

  6. 6 oudhi

    nice posting gan… karena :

    gw baru punya cb baru, gelatik 1974… he he he
    dan bogor is my hometown…so…
    napak tilas nya insya alloh mau saya napak tilasin lagi…

    thanks 4 the info….

  7. 7 akli

    mas, klo cb 125 kepiye

  8. Excellent post. I was checking continuously this blog and I’m impressed!
    Very helpful information particularly the last part🙂 I care for such info
    a lot. I was looking for this particular information for a
    very long time. Thank you and good luck.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: